PANTRI, MENYATUKAN DAPUR & R. MAKAN |

desain dapur hpl

Adapun aksesori yang dibutuhkan dalam sebuah pantri biasanya bukan peralatan berat. Terpenting harus ada lemari dengan laci-lacinya untuk menaruh barang-barang pecah belah dan peralatan makan seperti sendok dan garpu. Jumlah rak juga bisa kamu tentukan sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan, yang terpenting tidak terlalu ramai sehingga membuat dapur malah terlihat penuh. Dari lemari es, semua persediaan memasak diambil, dicuci sehingga harus ada tempat untuk mencucinya, yaitu di sink (bak cuci piring). Sebuah jendela diletakkan tepat di depan area sink sehingga cahaya dan udara dapat masuk dengan leluasa. Untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang, lemari gantung dibuat hampir setinggi langit-langit sehingga area penyimpanan menjadi lebih luas. Komposisi yang tepat untuk penataan pantri dimulai dari sebuah Rak penyimpanan untuk menyimpan sayuran, lauk, dan buah dalam hal ini adalah lemari es. Kondisi demikian membuat penataan dalam area pantri mengikuti kebutuhan ruang tersebut. Untuk menghadirkan area pantri dalam rumah harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan ruang dalam pantri.

desain interior dapur modern

Nah selain fungsi dari rak dapur itu sendiri, kamu juga harus memperhatikan desain rak dapur tersebut. Banyaknya kebutuhan seperti alat dan bahan memasak yang dipakai membuat keberadaan rak dapur sangat esensial. Rak jenis ini bisa dipakai untuk kamu yang ingin terlihat rapi namun tetap ingin memiliki rak terbuka. Ingin memberikan pencahayaan yang berbeda pada dapur? Saat kamu ingin mengambil piring atau alat memasak lainnya, kamu hanya perlu menggeser pintu saja. Rak dapur dengan pintu buka tutup? Dapur pun terlihat lebih proporsional dan menarik. Cukup dengan mengulurkan tangan, memasukkan bahan-bahan ke dalam masakan, dan kamu bisa langsung mengembalikannya ke tempat semula dengan cepat. Dan terakhir, perlu ada tempat untuk memasak dan area menyiapkan hidangan. Misalnya ada laci yang difungsikan untuk etalase dan ada yang berfungsi sebagai area penyimpanan. Di dinding area rak terdapat banyak lubang yang berguna untuk memasang rak gantung. Untuk membuat dapur terlihat lebih seimbang kamu bisa memasang rak dinding di antara kompormu. Dengan membuat rak dapur kekinian, kamu nggak perlu bingung lagi untuk menyimpan alat dan bahan memasak agar terlihat rapi, bersih, dan enak dipandang.

Di pantri biasanya kita bisa menyimpan bahan makanan kering, memasak bahan makanan yang praktis, menghangatkan makanan sebelum makanan disajikan, dan membuat minuman segar. Lemari atas biasanya dibuat transparan dengan menggunakan kaca tembus pandang untuk meletakkan benda-benda koleksi yang akan dipamerkan. Daun lemari pada lemari bawah dibuat dari kaca sandblast semitransparan sehingga tampilan lemari dapur lebih variatif dan modern. Pantri hanya digunakan untuk pekerjaan dapur yang sifatnya ringan sehingga sering juga berfungsi sebagai tempat sarapan yang praktis. Artikel Lainnya: Yuk, Masak lebih Praktis dengan 8 Perabot Dapur Serbaguna ini! Cara ini bisa memberikan vocal point tersendiri pada dapur. Desain rak seperti ini akan memberikan kesan seimbang pada dapur. Trik yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki desain rak dapur minimalis dengan rak gantung. Yang tidak boleh dilupakan dalam perancangan area pantry adalah harus tetap memperhatikan sisi estetika. Sebaiknya dalam menata rak kabinet (lemari penyimpanan) harus dibuat terstruktur untuk memudahkan mencari atau mengambil sesuatu.

Karena itu, sebaiknya dalam menata meja di dalam area ini harus dibedakan levelnya dengan meja persiapan agar kegiatan makan tidak terganggu. Namun perlu diingat, kamu harus rajin membersihkan lubang-lubangnya dari debu supaya tidak menghilangkan warna asli kayunya. Letaknya yang dekat dengan kompor, membuat kamu tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk mengambil bahan masakan. Untuk kamu yang sangat gemar memasak dan suka mencoba berbagai resep baru, maka rak dengan jenis ini bisa kamu coba. Karena pantri biasanya menyatu dengan dengan dapur maka pantri tidak memerlukan ruang tersendiri seperti ruang makan. Pasti penasaran ‘kan, bagaimana sih desain rak dapur kekinian yang cocok untuk rumah atau apartemen milik milenial? Tetapi hal ini bukan berarti pantri tidak bisa atau tidak cocok untuk hunian biasa yang bukan apartemen. Layout pantry yang biasanya digunakan mulai dari bentuk U, L, atau lurus. Milenial biasanya suka dengan tantangan dan bosan dengan sesuatu yang monoton. Semua ini menciptakan pantri yang tidak hanya berfungsi sebagai area tambahan dapur, tapi juga sebuah desain interior yang layak ditampilkan.

Biasanya desain pantri yang praktis mirip dengan sistem meja bar. Pantri sangat praktis dan cocok digunakan untuk rumah mungil dan keluarga kecil. Praktis dan nggak repot! Untuk sendok dan garpu sebaiknya taruh di rak kompartemen khusus yang menggunakan rel. Sisi yang pendek digunakan sebagai area memasak, sementara sisi yang lebih panjang digunakan sebagai area persiapan dan cuci. Pemanfaatan area yang tersedia juga dilakukan seoptimal mungkin untuk dengan menggunakan perabot yang menggunakan modul-modul tertentu. Untuk mengaplikasikan rak dapur dengan pintu geser, pilihlah pintu rak yang terlihat menerawang agar kesan terbuka tetap melekat. Walaupun sederhana, ide-ide rak dapur di atas bisa mengubah tampilan dapur menjadi lebih kekinian dan nggak biasa. Jika kita tinggal diapartemen, pantri sangat cocok untuk menggantikan ruang makan karena sifatnya yang tidak memerlukan area khusus dan hanya menempati sedikit tempat pada dapur. Nah, jika kamu termasuk orang yang mudah bosan, kamu bisa memakai desain rak jenis ini pada dapur. Dalam memilih aksesori pantri, yang paling penting memiliki desain yang multifungsi. Jenis rak ini juga bisa kamu padankan dengan campuran desain industrial yang kekinian dan elegan.

Author: dapurindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *